Apa adalah protokol Media Streaming? dan apa perbedaan?

- Aug 31, 2016 -

memilihstreamingteknologi ini melibatkan beberapa pertimbangan, termasuk pemahaman tentang Plus dan minus dari protokol streaming yang digunakan oleh teknologi. Artikel ini mendefinisikan sebuah protokol streaming dan kemudian mendiskusikan manfaat relatif dari protokol yang digunakan oleh streaming teknologi terkemuka hari ini.

apa #39; s protokol komunikasi?

protokol komunikasiaturan yang mengatur bagaimana data dikomunikasikan, mendefinisikan elemen seperti sintaks header file dan data, otentikasi, dan penanganan kesalahan. ada mudah puluhan protokol yang terlibat dalam mengirimkan data sederhanaPaketlebih dari internet, dan itu penting untuk memahami bagaimana mereka bekerja bersama-sama.


secara singkat,organisasi internasional untuk Standardisasi (iso)dibuatOpen sistem interkoneksimodel yang mendefinisikan tujuh lapisan yang logis untuk fungsi-fungsi komunikasi. Semua protokol streaming di lapisan aplikasi, yang berarti mereka dapat menggunakan setiap lapisan bawahnya untuk pipa fungsi seperti transmisi paket data. Hal ini memungkinkan protokol dalam setiap lapisan untuk fokus pada fungsi tertentu, daripada harus menciptakan tumpukan seluruh fungsi.

sebagai contoh,Real-Time streaming protokol (rtsp)level aplikasi streaming protokol yang dapat menggunakan beberapa protokol pada transport layer ini untuk mengirimkan paket nya, termasukUniversal datagram protokol (udp)dantransmisi kontrol protokol (tcp). kadang-kadang level aplikasi protokol ditulis khusus untuk sebuah protokol tertentu transportasi, sepertiReal-Time transport protocol (rtp), yang biasanya dibangun di udp transportasi.

mudah-mudahan, ikhtisar singkat ini akan membantu Anda memahami mana hidup streaming protokol dan bagaimana mereka berinteraksi dengan lainnya, protcols tingkat yang lebih rendah. ini teknis seperti yang kita dapatkan, orang, jadi dari sini di luar itu harus menjadi halus berlayar.

pada awalnya ada http, dan itu baik

dengan ini sebagai latar belakang, mari kita mulai memeriksa aplikasi-lapisan protokol yang digunakan untuk streaming video, dimulai dengan kakek dari mereka semua,http. seperti yang mungkin Anda ketahui, http singkatan hypertext transfer protokol, yang adalah lingua franca untuk web. http mengatur komunikasi antara web server dan browser dan protokol yang digunakan untuk mendistribusikan semua konten pada situs web untuk pemirsa terpencil, termasuk teks html, gif dan jpg grafis, file pdf dan lainnya berbasis web (sebagai lawan untukFTP) download.

awal percobaan dengan memberikan video melalui http yang kurang memuaskan untuk sejumlah alasan, tidak sedikit di antaranya adalah bandwidth terbatas yang tersedia dalam 28 / 56kbps modem hari. file video pertama dikirim pada web dibebaskan melalui download dan bermain, yang berarti mereka harus sepenuhnya didownload sebelum mulai pemutaran. kemudianApplememelopori konsepprogresif download, mana video bisa mulai bermain seperti itu adalah download, yang membantu sedikit, tapi tidak memberikan fungsi seperti lookahead mencari atau acak akses.

yang negatif lain besar video disampaikan http adalah biaya dan kualitas layanan. http pengiriman dicapai secepat bandwidth yang tersedia akan memungkinkan. Jika sebuah penampil terhubung melalui koneksi berkecepatan tinggi, seluruh file video dikirim secepat mungkin. Jika pengunjung berhenti menonton setelah beberapa saat, banyak transfer yang terbuang.

Selain itu, mode ini pengiriman membuatnya sulit untuk melayani beberapa pemirsa. Ketika penampil diklik pada video, server mulai mengirim video secepat mungkin. Ketika pemirsa b, c, d, dan e diklik pada video, outbound bandwidth mungkin tidak mencukupi untuk melayani mereka setiap video sampai transfer ke penampil lengkap.

munculnya streaming protokol

sebagai media meningkat dalam pentingnya streaming, streaming beberapa protokol yang diciptakan untuk mengatasi masalah ini, termasuk rtsp tersebut,Layanan media Microsoft (mms)danMacromedia's (dan kemudianAdobe)Real-Time protokol pesan(rtmp). pada tingkat tinggi, protokol-protokol ini bersama beberapa elemen umum.

pertama adalah keberadaan streaming server, atau program perangkat lunak dikenai biaya semata-mata dengan menyampaikan streaming konten. Server streaming ini bekerja dalam hubungannya dengan server http tradisional sehingga ketika sebuah penampil diklik link pada http server, itu dimulai sambungan antara streaming server dan pemain yang berlangsung sampai penampil berhenti menonton. karena hubungan ini, protokol-protokol ini dianggap "stateful," dibandingkan dengan http, yang tanpa kewarganegaraan dan tidak memiliki koneksi antara server dan pemain.

hubungan ini membahas sebagian besar negatif dari pengiriman http. Streaming protokol yang diaktifkan berusaha acak poin dalam video file, dan streaming adaptif, dimana beberapa file disandikan dapat didistribusikan ke pemain berdasarkan bandwidth yang tersedia dan cpu power. server dapat meter keluar aliran video untuk player pada hanya dalam dasar waktu, jadi jika pengunjung berhenti menonton, bandwidth tambahan sedikit terbuang. karena aliran keluar meteran, streaming server bisa lebih efektif melayani beberapa pengguna, meningkatkan kualitas keseluruhan layanan.

http - kembali ke masa depan

Seiring waktu, seperti flash video bangkit untuk mendominasi pemandangan video streaming, rtmp menjadi dominan streaming protokol, dan masih banyak digunakan saat ini. Namun, dengan pengenalan microsoft berbasis httpkelancaran streamingdan applehttp live streaming (hls), teknologi streaming berbasis http mulai kebangkitan untuk beberapa alasan, kedua harus dilakukan dengan negatif dirasakan dari rtmp dan inovasi dalam teknologi http yang dialamatkan banyak negatif.

dirasakan kelemahan dalam rtmp meliputi:

  • RTMP paket dapat diblokir oleh firewall tertentu, meskipun adobe media server memiliki workarounds jika masalah ini yang berpengalaman.

  • RTMP paket tidak dapat meningkatkan standar http cachingmechanisms tersedia dalam jaringan ISP, perusahaan dan organisasi lain, yang dapat meningkatkan efisiensi distribusi dan kualitas layanan.

  • server terus-menerus untuk player sambungan berarti peningkatan biaya, karena streaming server biaya uang.

  • server diperlukan juga mungkin membatasi skalabilitas dibandingkan dengan berbasis http streaming, karena ada banyak server http lebih daripada rtmp.

  • RTMP masih digunakan oleh situs-situs sepertiBloombergdanstreet.com, yang cenderung menimbulkan keraguan pada gagasan bahwa rtmp tidak bisa mendapatkan melalui berat firewall pemirsa.ESPNdanMTVjuga menggunakan rtmp, yang membuat Anda pertanyaan skalabilitas dan masalah biaya.

keraguan ini, ada persepsi umum antara teknis cognoscenti teknologi berbasis http lebih efektif memberikan aliran berkualitas tinggi. Plus, adobe diperkenalkanhttp dinamis streaming (hds)pada tahun 2010, menyediakan alternatif berbasis flash yang bagi mereka yang mencari berbasis http streaming ke desktop. Semua tiba-tiba, berubah ke berbasis http online pengiriman video tidak lagi terlibat pergeseran seismik ke teknologi benar-benar baru; Flash pengguna bisa terus meningkatkan investasi mereka dalam pengembangan flash dan infrasture dan memanfaatkan keuntungan dari httpstreaming.

seperti disebutkan, beberapa inovasi dalam http streaming juga dibahas sebelumnya batas teknologi. seperti sebelumnya, ada hubungan terus-menerus antara server dan pemain; video berada di setiap server http dan teknologi tetap tanpa kewarganegaraan. Namun, sekarang semua berbasis http aliran dipecah menjadi potongan, segmen dalam file besar atau file terpisah. daripada mengambil sebuah file besar dengan satu permintaan, teknologi berbasis http mengambil potongan pendek berturut-turut pada dasar yang diperlukan.


ini memiliki beberapa keuntungan. pertama, ada sedikit limbah karena video disampaikan seperti ini ditonton. ini secara efektif meter keluar video, memungkinkan server http tunggal untuk efisien melayani aliran lain. mencari adalah tidak masalah; Jika penampil menyeret playhead maju, pemain hanya dapat mengambil potongan-potongan yang tepat. teknologi ini juga memungkinkan beralih efisien antara Sungai, sehingga semua teknologi terdaftar (halus streaming, hls, dan hds) aliran adaptively.

karena teknologi ini dikirim melalui http, mereka menghindari masalah-masalah yang dihadapi oleh rtmp. teknologi berbasis http adalah firewall ramah dan dapat memanfaatkan http caching mekanisme. karena server streaming tidak diperlukan, mereka lebih murah untuk menerapkan dan skala dapat lebih murah dan efektif untuk melayani pengguna yang tersedia.

poin di final

sekali lagi, rtmp distribusi masih secara luas dan menguntungkan digunakan oleh banyak situs hari ini. Namun, meskipun mungkin ada sedikit dorongan untuk beberapa situs untuk mengubah, saat ini jika Anda sedang mempertimbangkan teknologi streaming, sentimen yang luar biasa adalah untuk menyampaikan melalui http. Tentu saja, untuk adaptif pengiriman ke perangkat apple (dan android 3.0 dan lebih tinggi), hls adalah satunya pilihan Anda.

Hal ini juga berguna untuk mengenali bahwa paling konten video disampaikan melalui plain tua http progresif download. Tentu saja, ada keterbatasan, seperti kurangnya adaptif streaming, tetapi Anda tidak bisa mengatakan itu bekerja terlalu buruk untukYouTube, yang memberikan sekitar 70% video melalui web, secara eksklusif melalui progresif download. Namun, pendekatan ini mencegah youtube dari menyebarkanmanajemen hak digital (drm)teknik-teknik yang tersedia melalui hds, halus streaming, dan hls untuk melindungi video mereka, yang merupakan alasan utama situs dengan konten yang bermerek menggunakan teknologi ini.

Akhirnya, fokus dari artikel ini telah streaming internet umum. terutama untuk penggunaan intranet, streaming server berbasis protokol sepertiIP multicastdan aplikasi sepertipeer-to-peer pengirimanmenyediakan banyak nilai dan bahkan lebih menjanjikan. Jadi jangan membuang bayi dengan air mandi; Streaming server tidak "buruk" dan http isn #39; t quot;good.quot; Sebaliknya, memilih alat terbaik untuk pekerjaan.

Shenzhen tambang tech menawarkan encoders mendukung rtsp/rtmp/http dan udp (ip multicast) protokol.

Hubungi kami untuk info lebih lanjut encoder.


Sepasang:Encoder Video 1080p IP kamera HD-Sdi (NEV-6604SD) Berikutnya:16 CH HDMI/Cvbs/Sdi Video IPTV Streamer